Cari dengan google

Wednesday, September 12, 2012

myJEPARADISE Trip 5-7 Sept 2012 (Jepara, Jawa Tengah)

Sebenarnya saya agak kurang lihai kalau disuruh buat trip summary, mending disuruh ngarang cerita rasanya lebih fun dan melanglang buana, hehehe.. anyway.. saya harus buat mengingat banyak info ina inu yang ditanya teman - teman, so here we go.. seringkas mungkin tapi mudah - mudahan cukup jelas.

Ini adalah benar - benar budget trip ala ala saya (hehehehe), trip yang mendadak muncul dalam pikiran dan akhirnya terlaksana juga walau tanpa persiapan matang, bawa jinjingan seadanya, sampai bela - belain nyuci kaos selama disana karena keabisan pakaian bersih, kalau beli.. sayang budget nya hihihihi.

Transportasi
Dimulai dari buking tiket bis Jakarta - Jepara, dan dari sekian banyak pilihan, akhirnya saya kepincut sama PO Bejeu, dengan tiket Jakarta Jepara Rp 120.000,-, saya kagum dengan armada ini karena selain lega, nyaman, dikabin tersedia juga free Wifi, mini bar dan yang pasti toilet. Ada beberapa pilihan armada lain ke Jepara, contohnya PO Shantika yang juga cantik kok menurut saya, dan beberapa armada - armada lain, hanya saya hapalnya dua armada ini. Penampakannya si Bejeu seperti dibawah ini.

sumber: www.bejeu.com
Buking tiket bis beres, saya masih sempat ngantor hari selasanya, hanya ijin pulang lebih cepat untuk langsung menuju Terminal Lebak Bulus dan tepat jam 17.00pm bus berangkat... Jepara i'm coming !

Hotel / Cottage
Destinasi saya di Jepara adalah ke daerah pantai Bandengan, saya sudah buking hotel juga disana dan pilihan saya jatuh ke Sunset Beach Resto & Bungalow karena harga room yang sesuai kantong, waktu itu saya ambil room standard dengan rate per malam Rp 350.000,- sudah termasuk breakfast.
Ada juga kok tipe bungalownya, untuk buking dan check ratenya, bisa dicheck juga melalui website berikut http://hotelrestojepara.blogspot.com/
Di resto hotel ini, harga makanan kisaran Rp 15.000,- ~ Rp 35.000,-, soal rasa saya bilang cukup enak, kalau siang sampai menjelang sore hari, tinggal menyusuri pantai menuju pantai umum Bandengan, disana akan terlihat warung - warung makan & toko souvenirs, dengan kisaran harga makanan Rp 5000,- ~ Rp 10000,-.
Penampakan lingkungan hotel ...
Posisi si Hotel ini terletak kira - kira 15 menit dari alun - alun kota Jepara, begitu bis memasuki alun - alun Jepara, saya turun disitu, dan lanjut dengan menggunakan ojek ke Bandengan dengan tarif Rp 20.000,-, kisaran ogkos ojek adalah Rp 15.000,- ~ Rp 20.000,-, jika travelling sendiri, kalau bisa akrabi mas ojeknya dan minta no telp/HP supaya bisa atur jemput pas check-out/pulang dari hotel menuju pool bis di Jepara.
Sebenarnya ada kok penyewaan motor/mobil, hanya info ini saya belum tahu tapi kalau dicari info nya via google pasti dapat, atau minta info dari rekan yang stay di sekitar Jepara akan jauh lebih membantu.
Sebenarnya ada pilihan hotel lain, seperti Palm Beach hotel terletak bersebelahan dengan Sunset Beach, tapi rate nya lebih mahal tapi yang pasti lebih bagus, soal rate saya kurang paham, tapi semua bisa dicari via internet.

Situasi Pantai di Sunset Beach Hotel (Pantai Bandengan)
Penampakan.....


Pokoknya ini hotel, lokasinya best banget, pinggir pantai dengan suasana pantai yang tenang dan bersih.

Menyebrang ke Pulau Panjang
Bisa dilakukan dengan perahu, bisa dari Pantai Bandengan atau dari Pantai Kartini. Waktu itu kebetulan pas saya mengunjungi pantai Kartini, jadi sekalian nyebrang ke Pulau Panjang dari pantai Kartini. Biayanya 1 kapal PP waktu itu saya bayar Rp 70.000,-, dengan kapasitas perahu bisa sampai 35 orang, biaya dihitung per kapal, bukan per orang, dan itu weekday. Kalau in general, kisaran biaya menyebrang ke pulau Panjang Rp 70.000,- ~ Rp 100.000,-. Waktu itu sih mas yang punya kapal bilang batas maksimal 2 jam di pulau itu, tapi saya ternyata hanya butuh 1 jam, mengingat pulaunya kecil, tapi sangat - sangat indaahh !!!
Penampakan pulau panjang...

Pantai Kartini & Kura Kura Ocean Park
Keluar dari wilayah Bandengan menuju pusat kota, mengarah ke Pantai Kartini (Jepara kotanya kecil, dijamin ngga akan nyasar, kesana kemari ketemu area yang sama). Tiket masuk area pantai Kartini Rp 2500,- / orang, di dalam area pantai Kartini ada Kura Kura Ocean Park, bentuk simple nya Sea World Ancol, tiket masuk ke Kura Kura Ocean Park Rp 12.500,- weekday, kalau weekend Rp 17.500,-.
Penampakan ....
Selesai aktifitas saya di area ini, saya mampir makan di Restoran La Marina Seafood, menurut saya harganya cukup ekonomis kisaran per menu Rp 15000,- ~ Rp 35000,- dan rasa yang aduhai.

Selain pantai, di alun alun Jepara sendiri masih ada obyek wisata yang bisa dikunjungi, diantaranya Musium Kartini, Benteng Fort Japara. Sebenarnya buat saya tetap yang paling bikin enjoy adalah pantai - pantainya.
Penampakan - penampakan lain di kota Jepara...

Budget Summary
1. Bis Bejeu, Jakarta - Jepara : Rp 120.000,- x 2 = Rp 240.000,- (PP)
2. Ojek dari alun - alun Jepara ke Hotel : Rp 20.000,- 
3. Hotel Sunset Beach, standard room : Rp 350.000,- / night termasuk breakfast
4. Pantai Kartini, tiket masuk : Rp 2500,-
5. Kura Kura Ocean Park : Rp 12.500,- weekday, Rp 17.500,- weekend
6. Ongkos perahu menyebrang ke pulau Panjang : Rp 70.000,- ~ Rp 100.000,- PP (ongkos per perahu PP, kapasitas perahu bisa sampai 30 orang), menyebrang ke pulau panjang bisa dari Pantai Kartini atau area Pantai Bandengan.

Rasanya pengen kesini lagi... hiks ! Soon... !!!


12 comments:

Anonymous said...

I'm not an expert when it comes to this. Didn't even know this was possible. Useful read, appreciate your posting this.

Andy Krisbianto said...

you're very much welcome, glad to know it is useful.. ;-)

Leonard_C4ME said...

thank for info busnya, berapa lama perjalanan jkt-jepara? trus selain jam 5 ada jam brp lagi mas? hehehe maap ya soalnya lagi cari info bus ke jepara

thanks before

Andy Krisbianto said...

mdh2an kamu udah di jepara ya..
just in case.. krna saya telat respon, maaf ya...
12jam jkt jepara, perjalanan nyaman asal kamu pake bus yg bagus, contohnya keye bejeu ini or santika or else..
bus ke jawatengah/timur itu rata2 brangkat dari antara jam 2siang - sore (jam 5an), nah kalao jepara.. rasanya latest memang jam 5.. pagi atau larut malam rasanya ga ada ang... tapi ga tau ya kalau bis non executive/non ac.. mungkin ada..
emang dari segi jam.. karena sampe jepara dipastikan jam 5an.. blm bs langsung checkin hotel.. itu aja yg aga ribet.. tp it is ok laah..

Leonard_C4ME said...

thanks a lot, gak telat mas...sy udah dpt Shantika Rp.120.000 juga, sama harganya
btw, nice blog...keep posting hehehe, boleh main ke blog sy juga :D

regards

Andy Krisbianto said...

tks... ga ada apa2nya dibanding blogmu... buaaguss bgt!

Andy Krisbianto said...

btw... mdh2an seru ya tripnya.. take care n enjoy, mate !

Leonard_C4ME said...

thank u mas, rencana besok tgl 9 kita ke jepara

regards

Unknown said...

Liat hotel nya bagus yaa, jadi pingin ke jepara :)

Andy Krisbianto said...

Ikutttt doonk kaka cum kalo ksana lg hehehehe

Unknown said...

Tips berikutnya, carilah kenalan pas sampai disana, siapa tahu kunjungan berikutnya malah gratis, hahaii

Andy Krisbianto said...

adi,,, besok2 pasti!!! saya mampir semarang dulu heheheh...